Selamat Datang di blogg ku. Yuk saling berbagi hal positiv disini :)

Selamat Datang di blogg ku. Yuk saling berbagi hal positiv disini :)

Selasa, 05 Agustus 2014

MLM APASIH? HALAL GA SIH? MLM di ORIFLAME ?



PENGERTIAN BISNIS MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DAN RUANG LINGKUPNYA

Secara umum Multi Level Marketing adalah suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan), yang biasa dikenal dengan istilah Upline (tingkat atas) dan Downline (tingkat bawah), orang akan disebut Upline jika mempunyai Downline. Inti dari bisnis MLM ini digerakkan dengan jaringan ini, baik yang bersifat vertikal atas bawah maupun horizontal kiri kanan ataupun gabungan antara keduanya.
Ruang lingkup bisnis MLM ini apabila ditinjau dalam kajian fiqh kontemporer memiliki dua aspek, yaitu produk barang atau jasa yang dijual dan cara ataupun sistem penjualan (selling/marketing).
Perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan sistem MLM tidak hanya menjalankan penjualan produk barang, tetapi juga produk jasa, yaitu jasa marketing yang berlevel-level (bertingkat-tingkat) dengan imbalan berupa marketing fee, bonus, dan sebagainya, dimana semua itu bergantung pada prestasi, penjualan, dan status keanggotaan distributor. Jasa perantara penjualan ini (makelar) dalam terminology fiqh disebut “ samsarah/simsar” ialah perantara perdagangan atau perantara antara penjual dan pembeli untuk memudahkan jual beli).
Dalam bisnis MLM, makelar atau perantara untuk menjalankan suatu usaha sangat penting demi memperlancar keluarnya barang dan mendatangkan keuntungan antara kedua belah pihak. Tidak ada salahnya kalau makelar itu mendapatkan upah kontan berupa uang atau secara prosentase dari keuntungan atau apa aja yang mereka sepakati bersama.Ibnu Sirrin berkata : apabila pedagang berkata kepada makelar, “Jualkanlah barangku ini dengan harga sekian, sedang keuntungannya untuk kamu.” Atau ia berkata : ‘keuntungannya bagi dua.’maka hal semacam itu dipandang tidak berdosa. Sebab Rasulullah SAW juga pernah bersabdah, “Orang Islam itu tergantung pada syarat (perjanjian) mereka sendiri.” (Riwayat Ahmad, Abu Daud, Hakim dan lain-lain.
Pada zaman modern ini, pegertian makelar sudah lebih meluas lagi, sudah bergeser kepada jasa pengacara, jasa konsultan, tidak lagi hanya sekedar mempertemukan orang yang menjual dengan orang yang membeli saja, dan tidak hanya menemukan barang yang dicari dan menjualkan barang saja.
Untuk menghindari jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, barang-barang yang ditawarkan harus jelas. Demikian juga imbalan jasanya harus ditetapkan bersama lebih dahulu.

HUKUM MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DALAM ISLAM.

Persoalan bisnis MLM yang ditanyakan mengenai hukum halal-haramnya bergantung sejauh mana dalam praktiknya setelah dikaji dan dinilai apakah sesuai syariah atau tidak. Karena menurut catatan APLI (Asosiasi penjual Langsung Indonesia), saat ini terdapat sekitar 200-an perusahaan yang menggunakan sistem MLM dan masing-masing memiliki karakteristik, spesifikasi, pola, system, dan model tersendiri sehingga untuk menilai satu per satu perusahaan MLM sangat sulit sekali.
Semua bisnis yang menggunakan sistem MLM dalam literature syariah Islam pada dasarnya termasuk kategori muamalah yang dibahas dalam bab al-Buyu’ (jual beli) yang hukum asalnya secara prinsip boleh berdasarkan aidah fiqh (al-ashlu fil asya’ al-ibahah hukum asal segala sesuatu termasuk muamalah adalah boleh selama bisnis tersebut bebas dari unsur-unsur haram seperti riba’ (system bunga), gharar (tipuan), dharar (bahaya), dan jahalah (ketidakjelasan). Dzulm (merugikan hak orang lain) disamping barang atau jasa yang dibisniskan adalah halal.
AllahSWT.  berfirman:
Allah Telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.”
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.”
Dapat disimpulkandan dijelaskan  dari firman Allah dalam surat al-Baqarah ayat 275 bahwasanya hukum dari bisnis MLM yaitu diperbolehkan selama bisnis tersebut  bebas dari unsur-unsur riba, gharar, jahalah, dan sebagainya.  Dan pada ayat 2 surat al-Maidah dijelaskan bahwasanya bisnis MLM itu dperbolehkan apabila mengandung unsur tolong menolong terhadap sesama manusia.
Tetapi ada juga beberapa bisnis yang memakai sistem MLM atau hanya berkedok MLM yang masih meragukan (syubhat) ataupun yang sudah jelas ketahuan tidak sehatnya bisnis tersebut baik dari segi kehalalan produknya, sistem marketing fee, legalitas formal, pertanggungjawaban, tidak terbebasnya dari unsur-unsur hara seperti riba (permainan bunga ataupun penggadaan uang), dzulm dan gharar (merugikan nasabah dengan money game), maysir (perjudian) seperti kasus New Era 21, BMA, Solusi Centre, dan PT. BUS. Sebaiknya ditinggalkan mengingat Sabda Rasulullah SAW.
Janganlah kalian membuat bahaya pada diri sendiri dan orang lain.” (HR. Ibnu Majah dan Daruqthni).
sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas dan diantara keduanya ada hal-hal yang syubhat dimana sebagian besar manusia tidak tahu. Barangsiapa menjaga dari syubhat maka telah menjaga agama dan kehormatannya dan barangsiapa yang jatuh pada syubhat berarti telah jatuh pada yang haram.” (HR. Bukhari Muslim)[5]
NAH!!!!, ini nih bisnis yang terbukti HALAL :)

BAGAIMANAKAH MLM di ORIFLAME ITU ???

1. Modal Bisnis yang relatif murah
modal bisnis yang di butuhkan untuk menjalankan bisnis oriflame sangat murah, karna kamu hanya perlu mengeluarkan modal sebesar Rp. 49.900, 00 modal yang sangat murah tapi dapat menghasilkan sesuatu yang besar jika kamu bersungguh- sungguh.


2. Risiko yang kecil
karena kamu mengeluarkan modal yang sangat murah maka resiko yang timbul pun akan sangat kecil, resiko ini pun akan timbul apabila kamu tidak bersungguh – sungguh, tidak berkomitmen  dalam menjalakannya :D

3. Potensi untuk berpenghasilan tinggi cukup besar
Dalam bisnis ORIFLAME sangat mungkin sekali kamu memiliki penghasilan yang cukup tinggi, karna perusahaan Oriflame akan memberikan kamu reward yang tidak tanggung – tanggung atas apa yang telah kamu kerjakan, semakin keren team work kamu semakin tinggi penghasilan yang bisa kamu dapat dan juga team work kamuu. Yeeay :D

4. Bisa dijalankan sebagai usaha sampingan
Bagi kamu yang telah bekerja, kuliah, sekolah yang telah menjadi rutinitas kamu tetapi ingin memiliki bisnis sebagai “second income “ kamu, maka oriflame pilihan yang tepat banget deh, soalnya di oriflame kamu dikasih kebebasan waktu dalam mengerjakan bisnisnya, asyik banget. Aku pribadi mahasiswa loh tapi alhamdulilah aku bisa menjalankan bisnis ini hehe 

5. sistem duplikasi
DUPLIKASI? Bukankah menduplikasi itu dilarang? Yup dilarang apabila menduplikasi hak cipta orang lain,hehe  tapi di ORIFLAME kamu wajib menduplikasi apa, bagaimana Upline kamu kerjakan hingga upline kamu bisa sukses di bisnis ini. Simple kan “mencontek” dari apa yang orang lain telah kerjakan.hehehe  :D
Ada dua hal yang harus kamu harus lakukan  dalam menjalankan duplikasi, yakni :

1. Kamu  harus meningkatkan dan mengembangkan diri secara terus-menerus, dengan tujuan supaya kamu bertumbuh dengan sehat dan benar dalam menjalankan bisnis ORIFLAME ini
2. Ulet, pantang menyerah dalam menjalankan bisnis kamu.

6. Tumbuh dan Berkembang

Dalam menjalankan bisnis Oriflame kamu bisa dan perlu tumbuh dan berkemban menjadi pembisnis yang handal.
Ada empat hal yang harus Anda tumbuh kembangkan dalam diri Anda.
I. Kembangkan Komunikasi.
komunikasi yang terjalin dengan baik antara kamu dengan upline maupun downline kamu, akan menjadikan bisnis kamu tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.
II. Kembangkan sikap .
Bagaimanapun bisnisnya, dimanapun bisnisnya ataupun kamu bekerja maupun menuntun ilmu kamu harus mengembangkan sikap baik kamu, sikap ke profesional kamu dalam melakukan sesuatu itu,begitu pula melakukan bisnis.
III. Kembangkan hubungan.
Hubungan antara kamu dengan jaringan kamu sangat penting, baik dari segi emosional, dan segi mental, karna dengan kita mengetahui sikap patner kita sehingga kita lebih mengerti dan memahaminya dengan begitu  semakin lancar dalam menjalankan bisnis kita. So sweeeet yaaa haha
VI. Tumbuhkan komitmen dan kemauan.
KOMITMEN, sangat penting dalam  melakukan apapun apalagi bisnis, kalo kita ga punya komitmen minimal terhadap diri sendiri, bagaiman kita dapat menjalankan apa yang kita mau lakukan kan? Bener gaa hehe
Kemauan juga berarti menyelesaikan pekerjaan hingga selesai, tidak setengah-setengah, tidak ragu-ragu, tidak bimbang, tidak menyerah, tidak berhenti di tengah jalan.
Kemauan ini harus Anda transfer dengan demikian mulus. Apabila kamu sudah memiliki komitmen dan kemauan yang kuat yakin deh kamu bakaln mentransfer energi positif kamu ini ke team work kamu.



Tertarik buat jalanin bisnis ORIFLAME yang keren ini ?
Yuk aku bantu  :D
Bisa hubungin aku di  089646437652
Salam sukses. Wulan HM :*








Tidak ada komentar:

Posting Komentar